Minggu, 24 Mei 2009

Letusan Gunung Talang


Setelah tsunami dan serentetan gempa, kini giliran Gunung Talang, Sumatera Barat, meletus. Gunung Talang dengan ketinggian 2.800 meter diatas permukaan laut yang terletak di kabupaten Solok, Sumatera Barat, meletus hari ini, Selasa (12/4/2005) sekitar pukul 03.42 WIB. Gunung ini berjarak sekitar 60 KM arah timur kota Padang.

Letusan Gunung Talang ini bersifat freatik, artinya hanya mengeluarkan material di permukaannya, letusan ini menimbulkan material berupa abu vulkanik. Menurut petugas vulkanologi Bukit Tinggi, Agung, kepada detikcom, Padang, Sumatera Barat, Selasa (12/402005), letusan tersebut tidak menyebabkan gempa vulkanik.

''Let usan yang terjadi malam tadi, tidak menimbulkan gempa vulkanik pada lokasi sekitar Gunung Talang,'' ujarnya. Agung menghimbau agar warga mengungsi paling tidak sejauh 1 km dari pusat letusan. Menurutnya sampai saat ini belum dapat dipastikan apakah akan terjadi letusan yang lebih besar atau tidak. Warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

'' Tidak diketahui apakah akan ada letusan lagi, sekarang saya sedang mengumpulkan informasi tentang perkembangan terakhir,'' tambah Agung.

Menurut keterangan warga Solok, Edawardi, saat ini kepanikan melanda warga yang berada disekitar Gunung. Sebagian besar warga memang masih bertahan di tempat tinggalnya, namun sebagian warga sudah ke luar dari rumahnya dan ada yang mengungsi menjauhi gunung, seperti ke Pasar Talang.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan mengenai adanya korban jiwa maupun kerusakan yang ditimbulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar